Jumat, 06 April 2012

Fenomena Batik Bola


Olahraga yang paling terkenal di dunia adalah  sepak bola, seorang  pengusaha batik di kampung laweyan Solo Jawa Tengah mengangkap peluang itu dengan memproduksi baju batik bermotif klub sepak-klub  sepak bola mancanegara. Batik motif klub sepak bola mancanegara belakangan menjadi primadona baru, para pengusaha batik pun berlomba memproduksi batik jenis ini, salah satunya Mahkota Batik dan di tempat ini sejak tiga bulan lalu karyawan disibukan untuk memenuhi pesanan baju batik motif klub sepak bola mancanegara. Klub sepakbola yang paling diminati konsumen antara lain barcalona, manchester united, real madrit, dan ac milan.
Harga baju batik sepakbola ini berkisar antara Rp 400.000 - Rp 500.000 perlembar kain perlembar kain, sementara bila sudah berbentuk kain harganya naik  menjadi Rp 600.000 – Rp 700.000 perlembar baju, harga tersebut tergolong mahal sebab batik sebab batik dibuat menggunakan tangan dan proses produksi membutuhkan waktu sekitar satu bulan, selain menjual batik bola tulis pengrajin juga menjual baju batik bola cap yang harganya jauh lebih murah yakni Rp 90.000 per baju.
Awal dari terciptanya ide untuk membuat baju ini adalah ketika pemilik perusahaan ini melihat anak-anaknya sering keluar negeri hanya demi menonton tim kesayangan mereka,  “anak-anak kami itu suka banget dengan bola dan klub-klub eropa , lalu saya memotifasi mereka ayo sekarang kalau kamu mau nonton sepakbola ke eropa  buat sesuatu yang  unik  sehingga membuat mereka meminta kamu datang kesana karena kamu membuat ciri khas,” ujar  Alpha Febela P. pemilik Mahkota Batik ini.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar